Syllabus

Semester 1

1.   Kalkulus IB

Deskripsi: Perkuliahan ini memperkenalkan konsep dasar kalkulus yang dilengkapi dengan sejumlah aplikasinya yang diperlukan dalam tingkat sarjana pada program studi teknik industri. Konsep yang dibahas meliputi: sistem bilangan riil, fungsi, limit, kekontinuan, turunan dan penggunaannya, integral dan penggunaannya, serta fungsi transenden.

Materi : Bilangan Riil dan Pertidaksamaan, Fungsi, Limit, Turunan, Penggunaan Turunan, Integral dan Penggunaan Integral

2.   Literasi TIK

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas dan mempraktekkan kompetensi literasi TIK. Dimulai dengan membahas dasar dan komponen TIK, kemudian akan berfokus pada kompetensi literasi TIK yang meliputi analisa kebutuhan informasi untuk menyelesaikan suatu masalah.Kemudian melakukan penemuan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien dan melakukan evaluasi terhadap informasi yang dihasilkan dan proses penemuannya. Informasi kemudian akan disimpan dan dikelola. Dilanjutkan dengan proses membangun konsep baru atau membuat pemahaman baru dari informasi yang ada.Selain itu juga akan dipelajari penggunaan informasi dengan pemahaman dan mengakui budaya, etika, ekonomi, masalah hukum, dan sosial seputar penggunaan informasi.

Materi : Pengantar Literasi TIK, Praktek Word dan Power Point, Mencari Informasi dari Internet, Praktek Pencarian Informasi, Critical Information Evaluation and Search Process, Praktek Excel, Presentasi Individu, Pengelolaan Informasi, Praktek Tools Kolaborasi, Penggunaan Informasi baru untuk membentuk konsep baru, Praktek pembuatan blog student, Aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, Etika dan legal dalam penggunaan informasi serta Praktek pembuatan karya ilmiah.

3.   Konsep Teknologi

Deskripsi: Mata kuliah ini mengajarkan pengantar singkat tentang sains dan teknologi. Pemanfaatan sains dalam  perkembangan teknologi.  Berpikir kritis, kreatif dan inovatif.  Metode Ilmiah : definisi, langkah – langkah dan implementasi. Problem solving : definisi, langkah – langkah dan implementasi. Konsep teknologi dan perkembangan beberapa teknologi masa depan.

Materi : Pengantar KPST, Technology Concepts & Flowering, Critical & Creative Thinking, Scientific Method & Engineering, Innovation & Invention, Penyampaian Project, Progress Project, Ethical of Sciences and Technology

4.   Matematika Diskrit

Deskripsi: Mahasiswa dalam tiap tahapan belajar akan mengkaji pokok bahasan – pokok bahasan sbb.: logika dan pembuktian, konsep himpunan, relasi dan fungsi, kombinatorial, peluang diskrit, algoritma, graph, dan tree.  .

Materi : Pengantar Matematika Diskrit, Logika & Pembuktian, Himpunan, Relasi & Fungsi, Kombinatorial & Peluang Diskrit, Algoritma, Graph and Tree;

5.   Pengenalan Sistem Informasi

Deskripsi: Mata kuliah ini mengenalkan tentang ilmu dan bidang apa saja yang dipelajari di jurusan sistem informasi mulai dari pengenalan konsep-konsep dasar sistem informasi, sumber daya manusia, manajemen organisasi, arsistektur dan sistem enterprise, networking, mobile computing, data and knowladge management, business intelligence, crm & scm, hingga project management.

Materi : Introduction to Information Systems, Information Systems and People, Organizational Strategy, Competitive Advantage, and Information System, ICT: The Enterprise Architecture, Information Systems for the Enterprise, Telecommunications and Networking, Wireless, Mobile Computing, anda Mobile Commerce, The Web, E-Commerce and M-Commerce, Data and Knowladge Management, Businsess Intelligence and Decision Making, CRM and SCM, Ethics, Privacy, and Security, System Development and Procurement, Project Management and Strategic Planning;

6.   Algoritma Pemograman

Deskripsi: Mata kuliah ini dirancang untuk pengenalan pertama dalam pemrograman, meliputi teknik pemrograman dan dasar-dasar bahasa pemrograman Java. Bahasa Java dipilih karena dianggap cukup mewakili instrumen lengkap paradigma pemrograman berorientasi obyek.  Tidak dibutuhkan kemampuan memprogram sebelumnya, dalam hal kemampuan dasar matematika, siswa diasumsikan menguasai aljabar tingkat SLA.

Materi : Pengenalan Java, Input Output pada Java, Percabangan, Perulangan, Pengenalan UML, Array, Inheritance, Polymorphism dan Interfaces, IO Exception, File Streams, Java GUI.

7.   Praktikum Algoritma Pemograman

Deskripsi: Kuliah pengenalan pada bahasa pemrograman komputer dengan menggunakan bahasa Java. Mata kuliah ini dirancang untuk pengenalan pertama dalam pemrograman, meliputi teknik pemrograman dan dasar-dasar bahasa pemrograman Java. Bahasa Java dipilih karena dianggap cukup mewakili instrumen lengkap paradigma pemrograman berorientasi obyek.

Materi : Algoritma sekuensial, Algoritma Pemilihan, Algoritma Pengulangan, Array satu dimensi, Matriks, Binary Search; Linier Search, Insertion Sort; Binary Sort; Selection Sort dan Rekursif

8.   Arsitektur & Organisasi Komputer

Deskripsi: Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam memahami konsep dasar cara kerja komputer dan dapat menjelaskan dengan tepat fungsi dari setiap komponen pembentuk komputer, memahami dengan tepat urutan untuk mengeksekusi suatu instruksi, memahami dengan benar organisasi dan fungsi setiap komponen pembentuk komputer.

Materi : Arsitektur Komputer, fungsi dan struktur Arsitektur Komputer, Definisi CPU Elemen Central Processing Unit (CPU), Arithmetic and  Logic Unit (ALU), Elemen-elemen Kontrol Unit  Operasi Unit Kontrol Operasi Makro, Definisi dan Fungsi I/O System Sistem I/O, Definisi Bus dan Sistem Bus Struktur dan Fungsi Bus Interkoneksi Bus Jenis Bus,Pengertian Pipelining Pipelining Unit Aritmatika, Disain Set Instruksi serta Memori.

Semester 2

1.   Teori Probabilitas

Deskripsi: Mata kuliah ini mempelajari pengenalan statistika dan probabilitas (istilah dan sejarah statistika, pengertian data dan variabel, pengumpulan data observasi dan rancangan percobaan, macam statistika dan konsep probabilitas), statistika deskriptif (analisis eksplorasi data meliputi penyajian data secara numerik (ukuran-ukuran statistik pemusatan, letak dan variansi), tabel dan grafis (distribusi frekuensi dan grafiknya) dan penyajian grafis lainnya), hitung peluang (ruang sampel dan kejadian, analisis kombinatorik dan perumusan probabilitas), distribusi probabilitas (univariat: fungsi variabel random diskrit dan kontinyu, ekspektasi, variansi dan transformasi; bivariat: distribusi peluang gabungan, marginal, bebas, kovarian dan korelasi), distribusi probabilitas khusus (diskrit dan kontinyu), pengenalan dan aplikasi distribusi normal dan teorema limit pusat (rataan sampel dan total sampel), pemodelan regresi linier sederhana dan korelasi.

Materi : Pengenalan Statistika dan Probabilitas, Statistika Deskriptif (Analisis Eksplorasi Data), Probabilitas (Hitung Peluang), Distribusi Probabilitas Univariat, Distribusi Probabilitas Bivariat, Distribusi Khusus (Diskrit dan Kontinyu), Aplikasi Distribusi Normal Standart dan Teorema Limit Pusat dan Pemodelan Regresi Linier Sederhana dan Korelasi

2.   Matriks & Vektor

Deskripsi: Mata kuliah ini memberikan bekal mengenai konsep dasar dari matriks dan ruang vektor serta operasi-operasi yang terkandung di dalamnya, yang meliputi konsep matriks, Sistem Persamaan Linear (SPL), vektor di bidang dan vektor di ruang, basis suatu ruang vektor, ruang hasil kali dalam, transformasi linear, serta ruang eigen.

Materi : Perhitungan Operasi Matrix, Operasi Baris Elementer, Penggunaan Sifat-Sifat Invers dan Determinan Matriks, Sistem Persamaan Linear, Perhitungan Proyeksi Vektor, Penggunaan Konsep Hasil Kali Silang, Pembuktian Ruang Vektor dan Sub Ruang, Pembuktian Kombinasi Linier, Membangung dan Bebas Linear, Pemeriksaan Baris, Penentuan Baris dan Dimensi

3.   Bahasa Inggris I

Deskripsi: Mata Kuliah Bahasa Inggris I (General English) termasuk kedalam kelompok Perkuliahan Dasar Umum (PPDU) sebagai mata kuliah yang mendukung kompetensi kemampuan berkomunikasi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan dasar bahasa Inggris yang mencakup memahami, menyampaikan, mengkonstruksikan, dan mengkomunikasikan fakta, opini, dan gagasan dalam bahasa Inggris yang baik dan berterima. Mahasiwa pun diharapkan dapat memahami dan menerima perbedaan persepsi dalam pemahaman lintas budaya.

Materi : Spelling, Speaking, Grammer

4.   Bahasa Indonesia

Deskripsi: Kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa berlatih menulis secara terbimbing dengan materi meliputi 1)Ejaan, 2)Tata kata, kalimat, dan paragraf, 3)Tata istilah dan definisi, 4)Pemilihan topik hingga penyusunan kerangka karya ilmiah, 5)Penyusunan bab pendahuluan, kajian pustaka, analisis, simpulan, pelengkap awal, pelengkap akhir, 6)Konvensi karya tulis ilmiah, serta 7)Keplagiatan.

Materi : Orientasi Perkuliahan, Ejaan, Mempelajari Tata Cara Penulisan, Karya Tulis Ilmiah, Penyusunan Makalah, Bimbingan Penulisan Makalah, Mengumpulkan Makalah

5.   Kepemimpinan & Komunikasi Interpersonal

Deskripsi: Mata Kuliah ini akan mempelajari teori kepemimpinan dan konsep dasar komunikasi interpersonal, mengenali kemampuan kepemimpinan dalam dirinya dan mempelajari gaya komunikasi dan dimensi-dimensi relasi antar pribadi yaitu keakraban dan konflik sehingga bisa menjadi pelaku komunikasi antarpribadi yang efektif dan menanamkan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam diri mahasiswa.

Materi : Foundation of Interpersonal Communication, Culture and Interpersonal Communication, Perception of the Self and Others in Interpersonal Communication. Listening in Interpersonal Communication and Interpersonal Message;

6.   Algoritma & Struktur Data

Deskripsi: Mata kuliah ini mempelajari mengenai struktur data dan algoritma pengolahan data. Materi yang disampaikan berupa konsep, tuntunan implementasi, serta praktek yang terbimbing. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini adalah array, list, stack (tumpukan), queue (antrian), linked list, tree, graph, algoritma search (pencarian), algoritma sort (pengurutan), dan rekursi.  Dalam mengimplementasikan struktur data, kuliah ini akan menggunakan bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu, selain mempelajari tentang struktur data, pada kuliah ini mahasiswa juga akan melanjutkan mempelajari bahasa pemrograman Java yang sudah didapatkan dari kuliah Algoritma dan Pemrograman. Pada Kuliah ini juga akan membahas tentang aspek Object Oriented dari Java terutama mengenai Object, Class, Method, Inheritance, Polymorphism, dan Generic.

Materi : Review Dasar Pemograman & Algoritma, Struktur Data Linear di Java, Analisa Algoritma dengan Pendekatan Asymptotic, Tipe Data Abstrak Stacks dan Quee, Implementasi Stack & Quee dengan Menggunakan Linked List, Rekrusif, Tipe data Abstrak Tree and Binary Search Tree, Priority Quee and Graph, Sorting;

7.   Praktikum Algoritma & Struktur Data

Deskripsi:

Mata kuliah ini mengajarkan berbagai macam struktur data yang dapat diimplementasikan dalam program komputer, seperti Abstract Data Type (ADT), representasi logis list berkait linier dan primitif-primitifnya, representasi fisik list berkait dengan pointer, Representasi logis list berkait kontinu dan primitif-primitifnya, variasi bentuk list berkait (double-linked list, circular list), multi-linked list, studi kasus list berkait, stack, queue, fungsi/prosedur rekursif, tree: definisi, struktur data, fungsi/prosedur, penelusuran preorder inorder postorder.

Materi: ADT Stack, ADT Quee, List Linear 1, List Linear 2, Representasi Fisik List Linear, Variasi List Linear 1, Variasi List Linear 2, Stack dengan Representasi List, Quee dengan Representasi List, List Rekrusif, Pohon & Pohon Biner, Presentasi Tugas Besar

8.   Sistem Enterprise

Deskripsi: Mata kuliah ini mengkaji pokok bahasan – pokok bahasan sbb : fungsi bisnis dan proses bisnis; sistem di organisasi; integrasi sistem dan kaitannya dengan ERP; fungsi marketing, sales dan distribusi di ERP dan CRM;  fungsi produksi di ERP dan SCM; fungsi akutansi dan keuangan di ERP; fungsi human resources di ERP..

Materi : Pengenalan Proses Bisnis, Enterprise Resource Planning, Integrasi Sistem, Marketing dan Sales, Customer Relationship Management, Logistik, Sales Forecasting, Akuntansi dan Keuangan, Credit Management, Human Resources serta Presentasi Tugas Besar

Semester 3

1.   Perilaku Organisasi

Deskripsi: Mata kuliah ini mencoba untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai bagaimana sebuah organisasi berjalan/ berfungsi. Mahasiswa akan mempelajari konsep organisasi (termasuk didalamnya struktur, bentuk dan budaya organisasi) dan perilaku kelompok dan individu (kerjasama tim, komunikasi, kepemimpinan, keberagaman individu, persepsi dan atribusi) yang mempengaruhi organisasi. Dengan pemahamannnya ini mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk menunjukkan keterkaitan elemen-elemen dalam organisasi dalam menjalankan fungsi organisasi dan membuat rencana perbaikannya.

Materi : Kepribadian Nilai, Sikap Dan Kepuasan Kerja, Persepsi & Learning, Workplace Emotion, Motivation, Applied Performance Practice, Dinamika Kelompok, Komunikasi, Power & Influence, Manajemen Konflik, Kepemimpinan, Dasar Struktur Organisasi, Budaya Organisasi serta Perubahan Organisasi & Inovasi

2.   Pendidikan Agama & Etika

Deskripsi: Materi ini mencakup urgensi agama dalam kehidupan ,sikap ber tauhid yang benar,pemahaman terhadap sumber hukum Islam,peran Islam dalam pengembangan sains dan teknologi ,pembinaan keluarga sakinah, toleransi bergama, ukhuwwah Islamiyah, Etika Islam, Etika Profesi, ekonomi syariah serta akhlak karimah sebagai landasan kehidupan setiap muslim

Materi :

3.   Statistik Industri

Deskripsi: Statistika Industri sebagai applied statistics merupakan hasil pengembangan dari teori probabilitas (statistical theory) mencakup aplikasi metode statistika untuk menyelesaikan persoalan di dunia industri. Pokok bahasan mata kuliah tidak hanya statistika deskriptif untuk menyusun dan meringkas data, juga lebih utama statistika  inferensia yang meliputi statistika parametrik dan statistika non-parametrik sebagai metode yang mendukung untuk menyelesaikan persoalan dalam mengestimasi, menguji hipotesis, menarik kesimpulan dan mengambil keputusan terhadap suatu persoalan.

Materi: Definisi Statistika dan Statistika Industri, Jenis-Jenis Data, Populasi dan Sampel, Teorema Central Limit, Distribusi Sampling, Estimator, Uji Hipotesis, Uji Godnes of Fit dan Uji Indepedensi, Uji Variansi dan Uji Statistika Lainnya

Reffrensi:

  1. Riadi, E. (2015). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Jakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.
  2. Sutopo, Y., & Slamet, A. (2017). Statistika Infrensial. Semarang: Penerbit ANDI Yogyakarta.
  3. Komputer, W. (2015). Belajar Cepat Analisis Statistik Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS. Semarang: Penerbit ANDI Yogyakarta.

4.   Pemograman Berbasis Objek

Deskripsi: Mahasiswa dalam tiap tahapan belajar akan mengkaji pokok bahasan – pokok bahasan sbb.: Pengertian dan konsep dasar Object Oriented Programming, Prinsip dasar OOP, Java GUI, Java JDBC, Analisis kasus aplikasi OOP berbasis Java, Perancangan aplikasi OOP menggunakan diagram UML.

Materi: Pengertian dan Manfaat OOP, Prinsip Dasar OOP Abstrasksi dan Enkapsulasi, Prinsip Dasar Inheritance, Prinsip Dasar Polymorphism, Java GUI, Java AWT, Java Swing, Library JDBC, Tugas Besar

5.   Praktikum Pemograman Berbasis Objek

Deskripsi: Mahasiswa dalam tiap tahapan belajar akan mengkaji pokok bahasan – pokok bahasan sbb : Pengertian dan konsep dasar Object Oriented Programming, Prinsip dasar OOP, Java GUI, Java JDBC, Analisis kasus aplikasi OOP berbasis Java, Perancangan aplikasi OOP menggunakan diagram UML.

Materi: Sintaks Bahasa & Tipe Data, Operator, Kontrol & Alur Eksekusi Program, Class, Pewarisam, Interface, Package dan Class Path;

6.   Pemodelan Proses Bisnis

Deskripsi: Pemodelan proses bisnis merupakan mata kuliah wajib di program studi sistem informasi yang mempelajari pemodelan dan analisis alur proses bisnis dengan menggunakan bahasa pemodelan Business Process Modeling Notation (BPMN). Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan mengenai bagaimana menganalisis proses bisnis berdasarkan kondisi riil, dan melakukan desain dari analisis yang telah dilakukan.

Materi: Business Process Management, Enterprise Process Management, BPM Lifecycle, BPM Critical Success Factor, Komponen Permodelan Bisnis, Enterprise Process Management, BPM Lifecycle Process Modeling, Modeling Quality and Perspective, Modeling Participant, Tools and Technique;

7.   Kewirausahaan

Deskripsi: Mahasiswa dalam tiap tahapan belajar akan mengkaji pokok bahasan Pengertian Kewirausahaan, Motivasi, Inovasi, Kepemimpinan, Kreativitas, Pengembangan Ide, Kerja Sama, Negoisasi – Relasi Usaha, Business Plan, dan Praktik Business Plan;Merancang, mengimplementasi dan mengevaluasi  business plan.perancangan dan analisanya;

Materi: Dasar Kewirausahaan, Dasar Inovasi, Business Plan, Aspek Pasar, Aspek Operasional, Aspek Finansial, Negoisasi, Goal Setting, Kepemimpinan, Kerjasama, Negoisasai Relasi Usaha, Evaluasi atas Implementasi Business Plan, Motivaasi dan Inspirasi

8.   Sistem Informasi Akutansi

Deskripsi: Sistem Informasi Akuntansi membahas sistem informasi akuntansi dalam proses bisnis, pengembangan sistem, teknikdokumentasi dan database. Kemudian dibahas evaluasi dan kontrol atas sistem informasi baik dari keamanan, kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi. Selanjutnya dibahas pula auditing untuk sistem informasi berbasis komputer dan sistem informasi akuntansi untuk beberapa siklus akuntansi, seperti siklus penerimaan, pengeluaran, produksi, sumber daya manusia dan penggajian. Untuk melengkapi pemahaman mahasiswa mengenai aplikasi dari accounting information system, mahasiswa diajak untuk secara langsung menggunakan dan membuat Aplikasi Software Accounting sederhana.

Materi : Pembagian Silabus Pengertian Data Informasi, Pengertian Sistem Informasi Akuntansi, Chart of Account, Setup Inventory, Account, Design Database SIA, Jurnal Transaksi, Aktiva, Inventory, Cash. Aktiva, Inventory , Credit, Sales, Purchasing, Retur dan Adjusment Stock, Payroll, Ayat Penyesuaian, Laporan Rugi Laba, Perubahan Modal, Activity Control , Auditing SIA

Semester 4

1.   Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Deskripsi: Matakuliah ini membahas  berbagai konsep  dan implementasi proses analisis dan perancangan sistem informasi  dengan menggunakan pedekatan  berorientasi objek, dimana cakupan materinya adalah konsep pengembangan system secara umum, pendekatan AGILE dan SCRUM, metode pengembangan system, konsep analisis dan desain ,  UML sebagai tools untuk memodelkan hasil analisis dan desain sistem.

Materi :

PART I: SYSTEMS ANALYSIS FUNDAMENTALS

1.  Systems, Roles, And Development Methodologies

2.  Understanding And Modeling Organizational Systems

3.  Project Management

PART II: INFORMATION REQUIREMENTS ANALYSIS

4.  Information Gathering: Interactive Methods

5.  Information Gathering: Unobtrusive Methods

6.  AGILE MODELING AND PROTOTYPING

PART III: THE ANALYSIS PROCESS

7.  Using Data Flow Diagrams

2.   Perancangan Interaksi

Deskripsi: Matakuliah ini membahas berbagai pengetahuan tentang mendesain interface untuk sebuah aplikasi baik yang berbasiskan web atau mobile. Materi yang akan dibahas dalam matakuliah ini adalah tentang bagaimana melakukan tahapan dalam alur hidup Tujuan HCI

Materi: Definisi Perancangan Interaksi, Karakteristik Manusia dan Komputer, Perancangan Sistem yang Interaktif, Kegunaan dan Prinsip Perancangan, Pemahaman akan Kebutuhan Perancangan, Pengevaluasian Perancangan Interaksi serta Perancangan Antarmuka & Ubiquitous Computing

3.   Rekayasa Proses Bisnis

Deskripsi: Mata kuliah ini mempelajari tiap tahapan belajar akan mengkaji pokok bahasan-pokok bahasan seperti menganalisis proses bisnis, mendesain proses bisnis suatu perushaan, konsep pengukuran kinerja pada suatu proses (process performance management), mengkonsep transformasi dan juga mengkonsep organisasi proses suatu perusahaan.

Materi: Process Discovery, Process Analysis, Process Design and Redesign, Process Performance Measurement, Process Transformation and Automation, Process Organization, Process Intelligence, dan Presentasi Tugas Besar

4.   Perancangan Basis Data

Deskripsi: Kuliah ini berisi mengenai konsep sistem basis data, jenis-jenis pemodelan basis data, bagaimana merancang basis data yang baik dan perkembangan basis data saat ini. Dalam kuliah diberikan contoh-contoh nyata perancangan dan implementasi basis data menggunakan SQL dan mengembangkan aplikasi menggunakan basis data.

Materi: Sistem Basis Data, Pemodelan Basis Data, Model Entity-Relationship (ERD), Model Rasional, Normalisasi Basis Data, Study kasus: Membuat ERD, Model Relational, Normalisasi Basis Data, DBMS, Pemograman Database (SQL), Membuat Database berdasarkan Pemodelan Data

5.   Praktikum Perancangan Basis Data

Deskripsi: Kuliah ini berisi mengenai konsep sistem basis data, jenis-jenis pemodelan basis data, bagaimana merancang basis data yang baik dan perkembangan basis data saat ini. Dalam kuliah diberikan contoh-contoh nyata perancangan dan implementasi basis data menggunakan SQL dan mengembangkan aplikasi menggunakan basis data.

Materi: Pengenalan dan Lingkungan Kerja SQL, Database dan Tabel, Manipulasi dan Retrieve Data;

6.   Jaringan Komputer & Komunikasi Data

Deskripsi: Mata kuliah yang mempelajari konsep dasar struktur Sistem Operasi, yang mencakup dasar proses, dasar memory, dasar I/O. Mata kuliah ini lebih ditujukan untuk menguasai fungsi sistem operasi secara praktis sebagai user dan sebagai administrator, baik administrator jaringan Sistem Operasi ataupun administrator sistem. Dan kemudian memiliki skill untuk mendesain dan mengimplementasikannya sebagai layanan dasar pendukung aplikasi server. Kemampuan mendesain dan implementasi layanan server berdasarkan Sistem Operasi yang sesuai kebutuhan layanan dan keamanan sistem.

Materi: Dasar Jaringan Komputer & Komunikasi Data, Konfigurasi Sistem Operasi Jaringan, Protokol Jaringan & Komunikasi, Jaringan Akses dan Ethernet, Layer Jaringan, IP Adressing dan Subnetting IP Jaringan, Transport Layer, Application Layer dan Pengaplikasian dari Jaringan;

7.   Praktikum Jaringan Komputer & Komunikasi Data

Deskripsi: Mata Kuliah ini merupakan praktikum mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk instalasi suatu jaringan komputer. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk melakukan perawatan sistem jaringan komputer.

Materi: OSI Layer, Topologi Jaringan, Perangkat Keras Jaringan Komputer, Media Transmisi, Cabling, IP Subnetting, Cara Kerja VLAN, Tipe2 VLAN, Perbandingan Vlan dan Lan, Stud Kasus Vlan, Frame Relay, Router, Jenis Routing, Studi Kasus IPV4, Studi Kasus Ipv6, Pengaksesan mikrotik, fitur-fitur mikrotik, Sejarah WLAN, Mode Akses Koneksi Wifi, Sistem Keamanan Wifi, Popularitas Wifi, DHCP dan Wireless, Studi Kasus WLAN, Streaming, Video-audio Confrence, Protocol Streaming, Installasi Elastic Voip Server, Zabbix, Proxy Server, Firewall, Firewall pada Mikrotik, Web Server, DNS Server, FTP Server, Voip Server, DHCP Server, Email, Protokol Email, Postfix, Squreemail, Video on Demand;

8.   Manajemen Rantai Pasok

Deskripsi: Mahasiswa mampu memahami dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai Manajemen Rantai Pasok dan komponennya serta memiliki kemampuan untuk menganalisa komponen Manajemen Rantai Pasok dihubungkan dengan pemanfataan teknologi informasi untuk mendukung implementasinya baik secara individu maupun secara berkelompok dengan berkerja dalam tim.

Materi : Pengantar Manajemen Rantai Pasok, Jaringan Rantai Pasok, Perencanaan Permintaan dan Penawaran dalam Rantai Pasok, Perencanaan dan Pengelolaan Persediaan dalam Rantai Pasok, Manajemen Pengadaan serta Teknologi Informasi dalam Manajemen Rantai Pasok

Semester 5

1.   Arsitektur Sistem Enterprise

Deskripsi: Pada kuliah ini dipelajari mengenai konsep dasar arsitektur enterprise meliputi : definisi, latar belakang, tujuan, manfaat dan ruang lingkup arsitektur enterprise, pilar pendukung arsitektur enterprise yang meliputi : arsitektur bisnis, data, aplikasi dan teknologi, komponen detail tiap pilar arsitektur dan keterkaitannya satu sama lain, framework, tools dan aplikasi pendukung untuk menyusun arsitektur bisnis, informasi/data, dan teknologi, dan pengenalan solusi sistem dan teknologi terkini yang umum digunakan dalam penyusunan arsitektur enterprise, misalnya data center, distributed computing, middleware, enterprise architecture integration, service oriented architecture, agile architecture, dll

Materi : Overview Enterprise Architecture, Framework Enterprise Architecture, Konsep dan implementasi TOGAF 9, Konsep dasar EA dan Business Process Modelling, Enterprise Data Model dan teknik integrasi data, Konsep Application Pattern dan konsep dasar integrasi aplikasi, Teknologi terkait infrastruktur TI dan Service Oriented Architecture, Konsep dasar arsitektur aplikasi dalam Enterprise Architecture dan beberapa teknologi yang berkembang terkait infrastruktur TI

2.   Sistem Operasi Komputer

Deskripsi: Mata kuliah yang mempelajari konsep dasar struktur Sistem Operasi, yang mencakup dasar proses, dasar memory, dasar I/O. Mata kuliah ini lebih ditujukan untuk menguasai fungsi sistem operasi secara praktis sebagai user dan sebagai administrator, baik administrator jaringan Sistem Operasi ataupun administrator sistem. Dan kemudian memiliki skill untuk mendesain dan mengimplementasikannya sebagai layanan dasar pendukung aplikasi server. Kemampuan mendesain dan implementasi layanan server berdasarkan Sistem Operasi yang sesuai kebutuhan layanan dan keamanan sistem.

Materi: Pendahuluan Sistem Operasi, Struktur Sistem Operasi  dan File System, Unix / Linux Users, Process Management, Memory Management, I/O Management, Unix/Linux System Administrator dan Unix/Linux Security Basics

3.   Pengembangan Aplikasi Web

Deskripsi: Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan menguasai konsep pemrograman web yang mencakup client side dan client server scripting meliputi : HTML, CSS, JavaScript, instalasi dan konfigurasi Web Server dan PHP, pengenalan PHP, Session dan Cookie, penggunaan pustaka-pustaka PHP, koneksi basis data, penggabungan script PHP dengan Query, serta pengenalan framework Laravel sehingga mampu membangun perangkat lunak berbasis web site.

Materi: HTML, CSS, Java Script, PHP, My SQL, SEO;

4.   Praktikum Pengembangan Aplikasi Web

Deskripsi: Mata Kuliah Kapita Selekta merupakan mata kuliah yang menyajikan pemaparan umum terkait topik spesifik tertentu. Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa agar mengetahui perkembangan keilmuan terbaru pada bidang tersebut

Materi:  Perkembangan Internet dan Teknologi Web, Karakteristik Aplikasi Berbasis Web, Tools Pengembangan Pemograman Berbasis Web, Tag-tag dalam HTML, Client-Side pada Pemograman Berbasis Web, Pemograman HTML, Table sederhana maupun kompleks, Theme dengan table, frame, iframe dan div, Implementasi sebuah halaman form dengan berbagai jenis komponen didalam nya, Menerapkan CSS dalam pemograman berbasis Web, Memanipulasi HTML dengan menggunakan CSS, Penggunaan Java Script sebagai Client-Side Programming, Penggunaan Variabel dan Operator pada Java Script, Web Server dan Kegunaannya, Pemograman Server-Side berbasis Web, Installasi dan Konfigurasi Web Server dan PHP, Operator dan Variable pada PHP, Percabangan dan Perulangan pada PHP, Cara keja Form dan Alur Data pada Form, Membuat Form Data Single Value dan Mutivalue Fields, Membuat Form Upload File, Membedakan Metode Pengiriman data dengan menggunakan GET dan POST, Mendefinisikan data (DDL) dengan menggunakan fungsi MySQL pada PHP, Memanipulasi data (DML) pada basis data menggunakan MySQL, Mengolah data dan menampilkuan serta menerima inputan data, Menyimpan data dan memanfaatkan data dari Session atau Cookies, Membedakan dan memanipulasi hak akses untuk pemprosesan File dan Direktori, Konsep Object Oriented pada PHP, Framework Laravel, Cara Kerja MVC,

5.   Manajemen Sumber Daya Manusia

Deskripsi: Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang peran sistem Enterprises Resources Planning (ERP) dalam membantu pengelolaan SDM di perusahaan sebagai lanjutan dari mata kuliah Sistem Enterprise yang sudah dipelajari di semester sebelumnya. Proses belajar di awali dengan memberikan pemahaman tentang framework dan aktivitas utama dalam SDM sebagai dasar pengetahuan, dilanjutkan dengan pemberian materi proses MSDM berbasis ERP dan juga praktek penggunaan tools ERP. Dengan dasar pemahaman ini diharapkan mahasiswa dapat menganalisis perbedaan proses antara pengelolaan SDM dengan dan tanpa pemanfaatan ERP. Kemampuan analisis ini selanjutnya juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam merancang usulan perbaikan proses bisnis berbasis ERP SDM pada kasus perusahaan

Materi: Overview Manajemen SDM dan Peran Strategic SDM, Tantangan utama SDM ke depan, Isu-isu Teknologi dalam Pengelolaan HRM, Proses HRM terintegrasi, Personnel Administration, Proses HRM terintegrasi;

6.   Manajemen Proyek Sistem Informasi

Deskripsi: Mata kuliah ini mempelajari tahapan-tahapan yang terjadi dalam proyek perancangan sistem informasi dan bagaimana cara menangani proyek system informasi. Pendalaman keterampilan menangani proyek SI diberikan dalam bentuk tugas makalah dan tugas praktek secara individu mapun kelompok pada kasus tertentu dalam bidang Sistem Informasi yang harus diselesaikan dengan proposal proyek sistem informasi..

Materi:  Pengenalan Manajemen Proyek, Kelompok Proses dari Manajemen Proyek, Project Integration Management, Project Scope Management, Project Time Management, Project Cost Management, Project Human Resource Management, Project Quality Management, Project Communication Management, Project Stakeholder Management, Project Procurement Management

7.   Ekonomi Teknik

Deskripsi: Mata  kuliah  membahas tentang definisi dan ruang lingkup ekonomiteknik, cash flow, konsep nilai waktu dari uang, nilai ekivalen sekarang, nilai tahunan, internal rate of return, metode pengembalian, metode indeks probabilitas, analisis sensitivitas, depresiasi, inflasi dan deflasi, analisis penggantian, analisis pajak, analisis biaya-manfaat untuk investasi publik.

Materi : Rumus-rumus bunga, Aliran uang dan penyusunanannya, Nilai waktu uang (Annuity, Present Worth, Future worth), Gradient, Rasio Investasi (IRR, BCR, NPV), Analisis sensitivitas, Depresiasi, umur ekonomis & analisa ekonomi, Replacement Analysis

Semester 6

1.   Keamanan Sistem Informasi

Deskripsi: Pengertian dan fungsi keamanan informasi,  yang mencakup pengertian dan fungsi ancaman dan kontrol keamanan, kriptografi dan kendali akses, keamanan jaringan, keamanan host, data dan aplikasi. Juga membahas pengelolaan keamanan yang mencakup keamanan operasional. Implementasi keamanan informasi menggunakan berbagai studi kasus pada berbagai platform. Implementasi ini berupa praktikum pada laboratorium yang memungkinkan pengujian berbaga kasus, misalnya eksekusi malware, atau skenario penyerangan. Sedangkan dari sisi obyek, kelemahan dan ancaman diarahkan untuk menerapkan kontrol keamanan yang tepat.

Materi: Pendahuluan keamanan sistem informasi, Vulnerabilities, threat, risk & control, Dasar kriptografi, Kendali akses dan manajemen identitas, Keamanan jaringan, Keamanan host dan keamanan data, Keamanan aplikasi berbasis web serta Manajemen keamanan informasi

2.   Rekayasa Perangkat Lunak: Capstone Project

Deskripsi: Mata kuliah ini menitik beratkan kepada pengaplikasian pengetahuan, tools dan teknik terkait dengan analisa perancangan beserta pengelolaan proyek pengembangan perangkat lunak sistem informasi. Dengan mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman dalam menjalahkan siklus proyek dan juga pengembangan perangkat lunak sistem informasi secara lengkap. Selain itu, mata kuliah ini juga memiliki fokus untuk melatih mehasiswa dalam mempraktikkan soft skill sebagai seorang pengembang perangkat lunak yang profesional.

Materi:  Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak & Proses-Proses Pengembangan Perangkat Lunak, Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Agile (SCRUM Framework), Requirement Engineering, SCRUM Planning & Pengelolaan Tim secara Virtual, SPRINT#1, SPRINT#2, dan SPRINT#3;

3.   Bahasa Inggris II

Deskripsi: Mata kuliah ini menunjang kompetensi mahasiswa untuk memahami teks bahasa Inggris dan mengungkapkan ide menggunakan bahasa Inggris yang berterima dan runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks terkait masalah, metode pemecahan masalah dan hasil dari suatu solusi di bidang Ilmu Komputasi.

Materi : Academic Writing, Sentence Identification, Signposting

4.   Etika Profesi Teknologi Informasi

Deskripsi: Kode etik dan regulasi teknologi informasi dirancang untuk mendidik siswa agar dapat menjadi tenaga kerja di bidang teknologi informasi yang profesional di masa depan. Fokus materi terletak pada pada dampak yang dapat terjadi akibat masalah etika dalam penggunaan teknologi informasi di dunia bisnis modern. Perkuliahan ini akan memberikan siswa dasar keilmuan yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat ketika dihadapkan dengan situasi yang sulit dan membuat dampak positif di bidang teknologi informasi.  Pada akhir pertemuan, siswa akan diminta untuk berpikir sistematis dan analitis dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan kode etik dengan cara mengekspresikan, mendukung pemikiran, menganalisis dan mengkritik pemikiran etis orang lain dalam bentuk presentasi. Hal ini bertujuan agar siswa mendapatkan pemahaman terkait kode etik profesional di lingkungan teknologi informasi sehingga nantinya diharapkan dapat mengambil keputusan yang tepat saat menghadapi permasalahan yang mungkin timbul dalam karir bidang teknologi informasi. Topik perkuliahan ini adalah: etika yang dihadapi oleh ahli komputer, kode etik komputasi pada masyarakat profesional, masalah regulasi hukum yang terlibat dalam bidang teknologi informasi, dan implikasi sosial dari komputer, komputasi, dan teknologi digital lainnya

Materi:  Ethics for IT Workers and IT Users, Computer and Internet Crime, Privacy, Freedom of Expression, Intellectual Property, Software Development, The Impact of Information Technology on Productivity and Quality of Life, Social Networking and Ethics of IT Organization;

5.   Manajemen Layanan

Deskripsi: Mahasiswa memahami konsep SSME, IT service dan IT service industry, strategi dan manajemen dalam IT services, dan mampu menerapkan konsep (manajemen dan matematis) dalam perancangan dan pengelolaan services, kerangka kerja ITIL, dan siap mengikuti ujian sertifikasi ITIL Foundation

Materi:  Service Science Management and Engineering, IT sebagai Service, Strategi dan Desain IT Service, Service Quality & Process Improvement, Service Operation, ITSM: Standart dan Best Practice;

6.   MK Peminatan Logistik

Manajemen Logistik

Deskripsi: Mata kuliah ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa agar memahami dan mengerti dari unsurunsur yang terlibat dalam logistik , memahami dan mengerti konsep kebijaksanaan dan perencanaan logistik, mengerti administrasi dan organisasi dalam sistem logistik dan mengerti mengerti fenomena berbagai macam perubahan yang terjadi dalam organisasi logistik.

Materi:  Manajemen Logistik Terpadu, Operasi Logistik dan Koordinasi Logistik, Komponen Sistem Logistik, Unsur-unsur Inventaris, Unsur-unsur penyimpanan dan penanganan bahan, Kebijaksanaan dan Perencanaan Logistik, Kebijaksanaan Pelayanan Nasabah, Prosedur Perencanaan, Teknik Disain, Teknik Operasi, Administrasi dan organisasi sistem logistik,dan Dimensi Perubahan.

Manajemen Distribusi

Deskripsi: Memberikan pengetahuan tentang manajemen distribusi. Memberikan kemampuan menganalisis dan mengelola logistik dan distribusi ,pengadaan dan persediaan bahan, penanganan material, distribusi, transportasi dan daur ulang. Memberikan wawasan masa depan bisnis persediaan dalam era globalisasi.

Materi:  Manajemen Logistik Terpadu, Operasi Logistik dan Koordinasi Logistik, Komponen Sistem Logistik, Unsur-unsur Inventaris, Unsur-unsur penyimpanan dan penanganan bahan, Kebijaksanaan dan Perencanaan Logistik, Kebijaksanaan Pelayanan Nasabah, Prosedur Perencanaan, Teknik Disain, Teknik Operasi, Administrasi dan organisasi sistem logistik,dan Dimensi Perubahan.

Sistem Informasi Logistik

Deskripsi: Mata kuliah ini mengajarkan sistem informasi pembelian dan stok serta sistem informasi penjualan dan distribusi. Pada sistem informasi pembelian dan stok, mahasiswa mempelajari mengenai konsep supply chain management (SCM) dan fungsinya dalam organisasi, proses bisnis pembelian dan stok, master data yang digunakan. Sedangkan sistem informasi penjualan dan distribusi akan memberikan materi yang meliputi: proses bisnis penjualan dan distribusi, elemen organisasi apa saja yang terdapat di dalamnya, berbagai studi kasus yang terdapat di dalam sistem penjualan dan distribusi. Untuk mata kuliah ini digunakan suatu tools yaitu SAP R/3 Logistic untuk mendukung keseluruhan proses bisnis yang dipelajari.

Materi:  The Procurement Process – Basic, Master Data in Procurement, Procurement of Stock Material, Procurement of Consumable Material, Procurement of External Services, Automated Procurement, Enterprise Structure in Sales and Distribution, Overiew of Sales Processes, Master Data in Sales and Distribution, Sales and Distribution Processes – Data Determination and Collective Processing, Complaints Processing, Analyses for Sales and Distribution Processes.

7.   MK Peminatan Transportasi

Sistem Transportasi

Deskripsi: Mata kuliah ini mengajarkan komponen-komponen yang berpengaruh dalam sistem tranportasi

Materi : Sistem Transportasi, Komponen-komponen Sistem Transportasi, Pengenalan Perencanaan Transportasi, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi,Sistem dan Manajemen Tranportasi, Komponen-komponen Sistem Transportasi.

Manajemen Transportasi

Deskripsi: Mata kuliah ini mengajarkan konsep,sistem transportasi makro dan masalah -masalah dari transportasi dan mampu mengaplikasikan sebagai bahan pengambilan keputusan manajemen.

Materi :

1.  Chapter 1: Transportation Industry Overview: 3PL Perspective

2.  Chapter 2: The Need for TMS: Challenges, IT Landscape

3.  Chapter 3: TMS Product Landscape: Vendors, Product Overview, Plans, and Comparison

4.  Chapter 4: SAP TM: Overview, Architecture, Road Map

5.  Chapter 5: TMS Selection Framework

6.  Chapter 6: Industry Best Practices for Implementation, Rollout, and Maintenance of SAP TM

7.  Chapter 7: Transformation Impact of SAP TM Implementation

8.  Chapter 8: New Dimension Products: HANA, Mobility, and Analytics—Their Impact on Transportation Management

Manajemen Resiko

Deskripsi: Mata kuliah ini mengajarkan tentangmanajemen resiko teknologi informasi, kaitan antara manajemen resiko dengan proteksi informasi dan manajemen SDM, praktik dan audit TI dalam kaitan dengan manajemen resiko TI, Memahami perencanaan keberlangsung bisnis dan konsep Disaster Recovery Center

Materi : Inisialisasi Perkuliahan, Resiko vs. Ketidakpastian, Analisis bisnis dan resiko, SDLC, Keamanan Sistem, Indeks KAMI, Manajemen SDM, Audit SI/TI, Mitigasi Resiko, Business Continuity Plan, Disaster Recovery Center

Semester 7

1.   Tata Kelola & Manajemen Teknologi Informasi

Deskripsi: Mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman mengenai best practice tata kelola dan manajemen TI berbasis COBIT 5 framework yang meliputi aspek people, process dan technology pada domain proses tata kelola TI EDM (Evaluate, Direct, Monitor) dan domain proses pengelolaan TI APO (Align, Plan, Organise), BAI (Build, Acquire, Implement), DSS (Deliver, Service, Support) serta MEA (Monitor, Evaluate, Assess), lalu bagaimana melakukan assessment maturity, capability maupun seven enabler serta langkah-langkah dalam melakukan implementasinya.

Materi : Overview framework dan seven enabler tata kelola dan pengelolaan TI, COBIT 5, Evaluate-Direct-Monitor (EDM) COBIT 5, TI domain process Align-Plan-Organisse (APO) COBIT 5, TI domain process Build-Acquire-Implement (BAI) COBIT5, TI domain process Deliver-Service-Support (DSS) COBIT 5, Monitor-Evaluate-Assess (MEA) COBIT 5, Menyusun kertas kerja untuk melaksanakan assessment maturity tata kelola dan pengelolaan TI pada lingkup tertentu, Assessment maturity/ capability/ seven enabler, Kompetensi SDM terkait tata kelola dan pengelolaan TI, SOP dan Instruksi Kerja serta Solusi technology berupa tools pendukung otomasi

2.   Praktek Kerja Lapangan

Deskripsi: Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang bersifat praktik secara nyata dan mandiri di instansi yang berkaitan dengan bidang ilmu Rekayasa pPerangkat Lunak. Dengan melakukan praktik secara nyata mahasiswa diharapkan dapat memahami keterkaitan antara teori, metoda, teknik, dan realita di tempat kerja. Di samping itu, pengalaman PKL tersebut juga akan memberikan tambahan wawasan bagi mahasiswa sebagai bekal untuk bekerja setelah menyelesaikan pendidikan sarjana. 

Materi : Semua Materi Pembelajaran dari semester 1-6

3.   Tugas Akhir I

Deskripsi: Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa mengenai apa pengertian metodologi dan metode penelitan. Mata kuiah ini juga mengarahkan mahasiswa untuk dapat mendefinisikan permasalahan riset untuk Tugas Akhir (TA) serta bagimana menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian. Mahasiswa mapu mengkaji literatur, menentukan kontribusi, menentukan metode penelitian, evaluasi dan validasi hasil penelitian yang digunakan untuk TA. Selian itu mata kuliah ini juga mengajarkan kepada mahasiswa dalam membuat publikasi secara tertulis (makalah) maupun secara oral (presentasi).

Materi:  Pengertian Riset, Metodologi, dan Metode Penelitian, Framework Design Science untuk Penelitian Sistem Informasi, Menentukan permasalahan dalam TA, IT Artefact dan Construct dalam penelitian, Teknik Pembuatan Kajian Literatur, Menentukan Metode Penelitian, Menentukan dan Melakukan Evaluasi Hasil Penelitian, Membuat laporan TA, Teknik Presentasi Penelitian TA dan Membuat Makalah Hasil Penelitian;

4.   Pancasila dan Kewarganegaraan

Deskripsi: Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang Kewarganegaraan yang wajib bagi setiap mahasiswa dengan beban 3 sks. Matakuliah ini membahas esensi PKN (Landasan filosofis, historis, Visi, Misi, Tujuan, Kompetensi PKN ), dinamika Negara Kebangsaan, Pancasila sebagai dasar dan falsafah Negara, kesadaran berkonstitusi, hak asasi dan kewajiban dasar manusia, kesadaran berdemokrasi, geopolitik dan geostrategi Indonesia, politik dan strategi Nasional, pembangunan daerah dalam kerangka NKRI

Materi : Pengenalan pengembangan kepribadian PKN, Filsafat Pancasila, Identitas Nasional, Negara, Konstitusi UUD 1945, HAM, Hak dan Kewajiban, Demokrasi, Aturan hukum, Geopolitik, Wawasan Nusantara, Otonomi Daerah, Ketahanan Nasional dan Kontekstual

5.   Manajemen Hubungan Pelanggan

Deskripsi: Mahasiswa mampu merancang strategi hubungan pelanggan perusahaan, menggunakan tool dan aplikasi e-CRM untuk perusahaan

Materi:  Evolusi CRM, Pola Pikir Customer, Klasifikasi dan Segmentasi Customer, Identifikasi Teknologi, CRM Analytic dan Data Mining & Customer Strategy Enterprise;

6.   MK Peminatan Kemaritiman

Manajemen Pelabuhan

Deskripsi: Mata kuliah ini membahas mengenai pengantar manajemen pelabuhan termasuk melakukan perencanaan strategis untuk pengelolaan pelabuhan. Pada mata kuliah ini akan dibahas bagaimana mengelola seluruh stakeholder dan proses yang terjadi di pelabuhan agar proses dapat berjalan dengan efisien. Beberapa studi kasus yang berkaitan dengan proses operasional di pelabuhan/terminal, serta proses pengiriman menggunakan kapal akan diberikan sebagai bahan pembelajaran

Materi:  Peran Pelabuhan, Manajemen Strategis, Kondisi Eksternal Pelabuhan, Kondisi Internal Pelabuhan, Formulasi Perncanaan Strategis, Pengendalian Manajem Strategis, Keunggulan Kompetitif, Model Organisasi, Pemetaan Stakeholder, Regulasi di Pelabuhan, Rencana Pengembangan Pelabuhan, Kerjasama Strategis terkait Pelabuhan

Manajemen Transportasi Laut & Kepelabuhan

Deskripsi: Memberikan pengetahuan, dan pemahaman mengenai berbagai pendekatan pengelolaan transportasi laut dan kegiatan kepelabuhanan yang juga mencakup faktor resiko, keselamatan, dan ekonomi.

Materi:  Pendahuluan dan Pengenalan SAP, Intermodal Transportation, Shipping Market, Perusahaan Pelayaran, Supply Chain Management, Usaha Pelayaran, Keagenan Kapal, Weigh Market, Pelabuhan Pengelolaan Pelabuhan dan Fasilitas, Type of Contract, Ship Document, Ship stowage, Admiralty law

Tata Kelola Sistem Transportasi Laut

Deskripsi: Membekali mahasiswa dengan dasar-dasar proses perencanaan dan operasional dan masalah pelabuhan dan terminal

Materi:  Karakteristik Pelabuhan, Perencaan dan Operasional Pelabuhan, Metode Perencanaan dan Desain Pelabuhan, Koneksi Intermodal Pelabuhan, Operasi Pada Pelabuhan, Manajemen TrafikKapal, Vessel Traffic System, Navigasi Pada Pelayaran, Port Navigational System, Penanganan Kargo, Operasi Terminal, Fasilitas dan Perlengkapan, Keamanan Pelabuhan

7.   MK Pilihan Bebas #1

Business Intelegence

Deskripsi: Mampu mendeskripsikan framework BI (Business Intelligence) sebagai suatu framework untuk menunjang pengambilan keputusan, Mampu menjelaskan relasi SCM, ERP dan BI, mampu melakukan tahapan analisis proses bisnis sebagai langkah dalam perencanaan BI sebagai sulosi bisnis organisasi

Materi :          

  1. What & Why BI, Knowledge Discovery Process (Data to Knowledge for Decission).
  2. BI Challenges, The Information Asset, Values of BI & The Intelligence Dashboard
  3. Kajian dan eksplorasi relasi business Intelligence 
  4. Strategic Information Systems for Competitive Advantage.
  5. Data Mining dan Knowledge Discover untuk Business Intelligence
  6. SCM (Supply Chain Management) dan ERP (Enterprise Resource Planning)
  7. Data Warehouse dan Teknologi OLAP

Semester 8

1.   Kapita Selekta

Deskripsi: Mata Kuliah Kapita Selekta merupakan mata kuliah yang menyajikan pemaparan umum terkait topik spesifik tertentu. Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa agar mengetahui perkembangan keilmuan terbaru pada bidang tersebut

Materi:  Konsep Dasar Topik Spesifik, Aspek Komputasi Topik Spesifik serta Penelitian Komputasi Topik Spesifik

2.   Tugas Akhir II

Deskripsi: Mata Kuliah ini merupakan implementasi  dari perencanaan yang dilakukan di kuliah Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal. Mahasiswa melakukan penelitian kecil/Proyek kecil dalam bentuk Tugas Akhir dan dibimbing oleh dua pembimbing. Pada akhir kuliah, laporan Tugas Akhir akan diuji oleh tiga penguji untuk mengklarifikasi penelitian kecil/proyek kecil yang telah dilakukan.

Materi : Latar Belakang, Merumuskan permasalahan, Menyusun penelitian, Menentukan hipotesis, Menyelesaikan tahap-tahap metodologi, Rancangan Model, Menentukan metode dalam setiap metodologi, Menyusun proses evaluasi, Menyusun metode pengambilan data, Menyusun visualisasi dan deskripsi data, Menyusun analisis data, Menyusun kesimpulan berdasarkan proses evaluasi dan data evaluasi, Menyusun dokumen diseminasi serta Membahas teknik presentasi.

3.   MK Pilihan Bebas #2

Data Warehouse

Deskripsi: Mata kuliah ini mempelajari tentang bagaimana proses perencanaan, pengumpulan requirement, arsitektur , infrastruktur, desain, persiapan data, information delivery, deployment dan pemeliharaan data warehouse.

Materi:  

  1. Kontrak pembelajaran, pembuatan group dan intro to data warehouse.
  2. Data Warehouse Architecture.
  3. Data Warehouse Development Phase.
  4. Requirements  Analysis.
  5. Data driven & goal driven.
  6. User driven, process driven & externally driven.
  7. Conceptual design.
  8. Identification of facts, dimensions, measures and aggregation.
  9. Dimensional Modeling.
  10. ROLAP, HOLAP & MOLAP.
  11. ETL.
  12. Data Mart Construction.
  13. Enterprise DW.
  14. Review dan presentasi tugas akhir mata kuliah.

4.   MK Pilihan Bebas #3

Sistem Informasi Geografis

Deskripsi: Pada kuliah ini dipelajari mengenai pengenalan konsep dasar SIG, Tool SIG, Mengolah data input, Membuat Peta SIG , serta Implementasi SIG

Materi:

  1. Pengenalan dasar SIG
  2. Bentuk data menyusun SIG
  3. SIG
  4. Menggunakan tool SIG
  5. Remote sensing
  6. Sistem informasi geografis
  7. Input data SIG
  8. Mengolah data input SIG
  9. Membuat peta SIG
  10. Implementasi SIG