Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

PKM-GT membuka peluang bagi mahasiswa menuangkan ide realistik kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi bangsa. Ide tersebut tidak terikat bidang ilmu, bersifat unik, realistik kreatif, visioner/futuristik dan bermanfaat sehingga kampus yang diidealisasikan sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan. PKM-GT, jika diimplementasikan memerlukan waktu yang lama, biaya dan sumber daya yang besar. PKM-GT adalah konsep perubahan atau pengembangan yang bersifat futuristik, realistik dan jangka panjang.

Tujuan dari kegiatan adalah membudayakan kebiasaan menulis mahasiswa berbasis nalar dan memandunya dengan penyusunan strategi perubahan atau pengembangan bangsa dan negara ke depan. Ruang lingkup meliputi seluruh aspek bernegara seperti sosial, ekonomi, budaya, politik, hukum, pendidikan, kesehatan, pertahanan keamanan, teknologi dan pangan serta lingkungan. Luaran kegiatan adalah gagasan kreatif dalam bentuk Artikel Ilmiah yang memuat konsep perubahan atau pengembangan.

Kriteria, persyaratan pengusul dan tata cara pengusulan adalah:
a) Peserta adalah kelompok mahasiswa aktif program pendidikan S-1 atau Diploma yang terdaftar di PD-Dikti
b) Kelompok peneliti pengusul berjumlah 3 (tiga) orang, terdiri dari satu orang ketua dan dua orang anggota
c) Nama semua pengusul (ketua dan anggota) ditulis lengkap dan tidak boleh disingkat
d) Bidang kajian harus sesuai dengan bidang ilmu ketua peneliti, atau tim pengusul. Anggota dari lintas bidang sangat dianjurkan
e) Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, dalam satu Perguruan Tinggi yang sama

Sistematika Gagasan Tertulis
Judul PKM tidak boleh menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. Mahasiswa menyusun dan mengunggah proposal yaitu isian kelengkapan (sampul dan pengesahan), halaman utama (daftar isi, halaman inti dan lampiran), halaman inti (pendahuluan sampai dengan daftar pustaka) maksimum 10 (sepuluh) halaman, berkas diunggah ke SIMBelmawa dengan penamaan file namaketuapeneliti_namapt_PKM-GT.pdf untuk divalidasi dosen pendamping dan disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan. Proposal ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi, ukuran kertas A-4, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman kelengkapan sampul sampai dengan daftar isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,.. dst., yang diletakkan pada sudut kanan bawah. Halaman utama yang dimulai dari pendahuluan sampai dengan lampiran diberi nomor halaman dengan angka arab: 1, 2, 3,….dst, yang diletakkan pada sudut kanan atas. Format penulisan mengikuti sistematika sebagai berikut:
DAFTAR ISI
1. PENDAHULUAN
2. GAGASAN
3. KESIMPULAN
4. DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota yang ditandatangani
Lampiran 2. Biodata Dosen Pendamping
Lampiran 3. SUsunan Organisasi Tim Penyusun dan Pembagian Tugas
Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Tim.

PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)

PKM-AI kelompok mahasiswa cukup menyampaikan karya tulis dalam bentuk artikel ilmiah dikirimkan secara daring. Berbeda dengan kelima jenis PKM sebelumnya yang melibatkan pelaksanaan kegiatan fisik di laboratorium ataupun lapangan, PKM-AI tidak mengenal adanya kegiatan semacam itu. Kegiatan berkelompok yang dapat ditulis menjadi artikel ilmiah untuk proposal PKM-AI diantaranya adalah hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), kuliah kerja nyata (KKN) atau kegiatan akademik berkelompok lainnya, tetapi bukan tugas-tugas atau praktikum individu perkuliahan, skripsi atau tugas akhir. PKM-AI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam bentuk sebuah artikel ilmiah sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah.

Tujuan dari kegiatan PKM-AI adalah menumbuh kembangkan minat dan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa. Ruang Lingkup PKM-AI meliputi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dalam hal ini yang dijadikan lingkup adalah hasil kegiatan tim dan bukan individu. Adapun Luaran kegiatan PKM-AI adalah artikel lmiah.

Kriteria, persyaratan pengusul dan tata cara pengusulan dijelaskan sebagai berikut:
a) Peserta PKM-AI adalah kelompok mahasiswa aktif program pendidikan S-1 atau Diploma yang terdaftar di PD-Dikti
b) Anggota kelompok pengusul berjumlah 3 (tiga) orang
c) Nama-nama pengusul (ketua dan anggota) harus ditulis lengkap dan tidak boleh disingkat
d) Bidang kegiatan harus sesuai dengan bidang ilmu ketua kelompok/tim atau yang relevan disarankan untuk mengikuti keilmuan sesuai kegiatan ilmiah yang menjadi sumber penulisan PKM-AI
e) Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, dalam satu Perguruan Tinggi yang sama
f) Keanggotaan setiap kelompok PKM-AI disarankan berasal dari minimal dua angkatan yang berbeda
g) Jumlah halaman yang diperkenankan untuk setiap Artikel Ilmiah adalah minimum 8 (delapan) dan maksimum 10 (sepuluh) halaman.