Accreditation

I. LEMBAR EVALUASI DIRI (LED) – APS 9 KRITERIA

BAB I PENDAHULUAN
A. Dasar Penyusunanan
B. Tim Penyusun dan Tanggung Jawabnya
C. Mekanisme Kerja Penyusunan LED

BAB II LAPORAN EVALUASI DIRI
A. Kondisi Eksternal
a1) Lingkungan Makro
a2) Lingkungan Mikro
B. Profil UPPS dan Program Studi
b1) Sejarah Unit Pengelola Program Studi
b2) Visi, Misi, Tujuan, Strategis dan Tata Nilai
b3) Organisasi dan Tata Kerja
b4) Mahasiswa dan Lulusan
b5) Dosen dan Tenaga Pendidikan
b6) Keuangan, Sarana dan Prasarana
b7) Sistem Penjaminan Mutu
b8) Kinerja Institusi
C. Kriteria
c1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi

IKU1 Fakultas memiliki VMTS (Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi) yang mengacu pada VMTS ITTelkom Surabaya dan memayungi visi keilmuan program studi bit.ly/c1iku1
IKU2 Fakultas memiliki rencana strategis dengan jangka waktu lima tahun yang mengacu pada Rencana Induk Pengembangan dan Rencana Strategis Insitusi. bit.ly/c1iku2
IKU3 Penyusunan VMTS dilakukan sesuai dengan SOP Penyusunan VMTS. bit.ly/c1iku3
IKU4 Target sasaran mutu berorientasi pada daya saing internasional dan diterapkan menggunakan siklus PPEPP bit.ly/c1iku4
IKT1 Sosialisasi Visi Misi UPPS dan Visi Keilmuan kepada sivitas akademika Program Studi ITTelkom Surabaya secara berkala bit.ly/c1ikt1

c2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama

IKU1 Terdapat dokumen formal struktur organisasi dan tata kerja, yang dilengkapi dengan tugas pokok dan fungsinya, tanggung jawab, dan wewenang. bit.ly/c2iku1
IKU2 Fakultas menerapkan tata pamong yang memenuhi 5 kaidah good gorvenance, yaitu: kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil. bit.ly/c2iku2
IKU3 Terdapat bukti/pengakuan yang shahih, bahwa Dekan memiliki karakter kepemimpinan operasional, organisasi, dan publik bit.ly/c2iku3
IKU4 Dekan memiliki kapabilitas kepemimpinan yang baik yang mencakup aspek perencanaan, pengorganisasian, penempatan personel, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan, dan pelaporan yang menjadi dasar tindak lanjut bit.ly/c2iku4
IKU5 Fakultas melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal yang memenuhi 5 aspek, yaitu dokumen legal pembentukan unsur pelaksana penjaminan mutu; ketersediaan dokumen mutu: kebijakan SPMI, manual SPMI, standar SPMI, dan formulir SPMI; terlaksananya siklus penjaminan mutu (siklus PPEPP); bukti sahih efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu; dan memiliki external benchmarking dalam peningkatan mutu bit.ly/c2iku5
IKU6 Fakultas memiliki indikator kinerja tambahan yang mengacu pada Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh ITTelkom Surabaya.  bit.ly/c2iku6
IKU7 Fakultas melakukan analisis pencapaian kinerja, baik yang tercapai maupun yang tidak tercapai. bit.ly/c2iku7 
IKU8 Terdapat pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap para pemangku kepentingan (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra industri, dan mitra lainnya.  bit.ly/c2iku8
IKU9 Terdapat bukti/pengakuan yang sahih dari pelaksanaan kerjasama dan telah memenuhi 3 aspek yaitu: memberikan manfaat bagi program studi dlam pemenuhan proses pembelajaran, penelitian, dan PkM; memberikan peningkatan kinerja tridharma; dan  memberikan kepuasan kepada  mitra kerjasama , serta menjamin keberlanjutan kerjasama dan hasilnya bit.ly/c2iku9
IKU10 Kecukupan jumlah kerjasama pendidikan, penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam 3 tahun terakhir.  bit.ly/c2iku10
IKU11 Minimal jumlah kerjasama internasional program studi dalam 3 tahun terakhir adalah 2.  bit.ly/c2iku11
IKT1 ITTelkom Surabaya menyampaikan laporan kinerja program studi melalui pangkalan data pendidikan Tinggi.  bit.ly/c2ikt1
IKT2 Program Studi ITTelkom Surabaya wajib menyusun laporan kinerja program studi dan laporan evaluasi diri di akhir tahun.  bit.ly/c2ikt2
IKT3 ITTelkom Surabaya telah tersertifikasi ISO 21001:2018.  bit.ly/c2ikt3
IKT4 Tingkat kepuasan pegawai 75%.  bit.ly/c2ikt4
IKT5 Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Dosen 75%.  bit.ly/c2ikt5 
IKT6 Jumlah kerjasama sinergi BUMN adalah 3.  bit.ly/c2ikt6

c3) Mahasiswa

IKU1 Rasio jumlah mahasiswa yang diterima dengan jumlah pendaftar adalah 1:5 bit.ly/c3iku1
IKU2 Terdapat tren peningkatan animo calon mahasiswa sebesar 10% dalam 3 tahun terakhir bit.ly/c3iku2
IKU3 Kecukupan jumlah mahasiswa asing. Minimal Jumlah Mahasiswa asing adalah 1% dari jumlah seluruh mahasiswa bit.ly/c3iku3
IKU4 Ketersediaan layanan kemahasiswaan pada tiga bidang yaitu bidang 1 (penalaran, minat dan bakat), bidang 2 (bimbingan karir dan kewirausahaan), dan bidang 3 kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan) bit.ly/c3iku4
IKU5 Kemudahaan akses dan mutu layanan yang baik untuk bidang penalaran, minat bakat mahasiswa, dan semua jenis layanan kesehatan bit.ly/c3iku5
IKT1 Jumlah mahasiswa dengan beasiswa adalah 8 orang (FTII 22, FTE 18) bit.ly/c3ikt1
IKT2 Jumlah Ormawa dan UKM adalah 2 bit.ly/c3ikt2
IKT3 Jumlah kegiatan Ormawa dan UKM adalah 8 bit.ly/c3ikt3

c4) Sumber Daya Manusia

IKU1 Minimal DTPS adalah 12 orang, dengan minimal student body sebesar 180 mahasiswa. bit.ly/c4iku1
IKU2 Minimal DTPS dengan kualifikasi akademik S3 adalah 50% dari jumlah DTPS bit.ly/c4iku2
IKU3 Minimal DTPS dengan jabatan akademik Guru Besar adalah 70% dari jumlah DTPS bit.ly/c4iku3
IKU4 Rasio DTPS dengan mahasiswa program studi adalah minimal 1:15 dan maksimal 1:25 bit.ly/c4iku4
IKU5 Dalam satu semester, seorang DTPS maksimal membimbing 6 mahasiswa sebagai pembimbing utama. bit.ly/c4iku5
IKU6 DTPS memilliki EWMP minimal 12 dan maksimal 16. bit.ly/c4iku6
IKU7 Maksimal dosen tidak tetap yang ditugaskan oleh Program studi ITTelkom Surabaya adalah 10% dari DTPS. bit.ly/c4iku7
IKU8 Minimal rasio pengakuan/rekognisi atas kepakaran/prestasi/kinerja DTPS dalam 3 tahun terakhir adalah 0.5% dari DTPS. bit.ly/c4iku8
IKU9 Minimal penelitian program studi dengan sumber pembiayaan luar negeri dalam 3 tahun terakhir adalah 5% dari jumlah DTPS bit.ly/c4iku9
IKU10 Minimal PkM program studi dengan sumber pembiayaan luar negeri dalam 3 tahun terakhir adalah 5% dari jumlah DTPS bit.ly/c4iku10
IKU11 Minimal jumlah publikasi internasional dari program studi dalam 3 tahun terakhir adalah 10% dari DTPS. bit.ly/c4iku11
IKU12 Minimal jumlah artikel karya ilmiah DTPS yang disitasi dalam 3 tahun terakhir adalah 5% dari DTPS bit.ly/c4iku12
IKU13 Minimal rasio luaran penelitian dan PkM yang dihasilkan DTPS dalam 3 tahun terakhir adalah 1 bit.ly/c4iku13
IKU14 Fakultas memiliki perencanaan dan pengembangan DTPS dengan mengacu pada Renstra Institusi. bit.ly/c4iku14
IKU15 ITTelkom Surabaya memiliki minimal satu orang untuk masing-masing posisi administrasi, pustakawan, teknisi, sumber daya manusia, IT support, keuangan, dan logistik bit.ly/c4iku15
IKU16 Fakultas minimal memiliki satu orang laboran dan telah memiliki sertifikasi laboran. bit.ly/c4iku16
IKT1 Prosentase Dosen Tetap JFA minimal Asisten Ahli adalah 70%. bit.ly/c4ikt1
IKT2 Rata-rata nilai kecakapan Bahasa Dosen (TOEFL IBT/PBT) adalah 450 bit.ly/c4ikt2
IKT3 Prosentase Dosen Terafiliasi dengan Asosiasi Profesi atau Kebidangan Lingkup  Nasional atau Internasional adalah 90%. bit.ly/c4ikt3

c5) Keuangan, Sarana dan Prasarana

IKU1 Realisasi investasi (SDM, sarana dan prasarana) dari program studi telah memenuhi kebutuhan untuk penyelenggaraan program pendidikan, penelitian, dan PkM. bit.ly/c5iku1
IKU2 Minimal biaya operasional pendidikan program studi ITTelkom Surabaya adalah 20 Juta per mahasiswa bit.ly/c5iku2
IKU3 Minimal rata-rata dana penelitian DTPS dalam 3 tahun terakhir adalah 10 juta per DTPS bit.ly/c5iku3
IKU4 Minimal rata-rata dana PkM DTPS dalam 3 tahun terakhir adalah 5 juta per DTPS. bit.ly/c5iku4
IKU5 ITTelkom Surabaya memiliki kecukupan dana untuk menjamin keberlangsungan opersional tridharma dalam 3 tahun terakhir. Serta memiliki kecukupan dana untuk pengembangan tridharma dalam 3 tahun kedepan bit.ly/c5iku5
IKU6 ITTelkom Surabaya mampu menyediakan sarana prasarana serta aksesibilitas yang cukup untuk menjamin pencapaian capaian pembelajaran dan meningkatkan suasana akademik. bit.ly/c5iku6
IKU7 ITTelkom surabaya memiliki kecukupan sarana terlihat dari ketersediaan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan oleh UPPS. bit.ly/c5iku7
IKU8 ITTelkom surabaya memiliki kecukupan prasarana terlihat dari ketersediaan, kepemilikan, kemutakhiran, kesiapgunaan prasarana untuk pembelajaran maupun kegiatan penelitian dan PkM bit.ly/c5iku8
IKT1 ITTelkom Surabaya mampu menyediakan sarana olahraga dengan jenis dan jumlah yang sesuai dengan pola pembinaan kemahasiswaan. bit.ly/c5ikt1
IKT2 ITTelkom Surabaya memastikan ketersediaan sarana fasilitas umum dengan ragam dan jumlahnya memenuhi kebutuhan bit.ly/c5ikt2
IKT3 ITTelkom Surabaya memastikan sarana pemeliharaan, keselamatan, dan keamanan bit.ly/c5ikt3
IKT4 ITTelkom Surabaya memastikan ketersediaan ruang unit kegiatan mahasiswa dengan jumlah, luas, dan kebutuhan perlengkapan ruangnya disesuaikan dengan pola pembinaan kemahasiswaan. bit.ly/c5ikt4
IKT5 ITTelkom Surabaya memastikan ketersediaan yang meliputi pelabelan dengan tulisan Braille dan informasi dalam bentuk suara, lerengan (ramp) untuk pengguna kursi roda, jalur pemandu (guiding block) di jalan atau koridor di lingkungan kampus, peta/denah kampus atau gedung dalam bentuk peta/denah timbul, toilet atau kamar mandi untuk pengguna kursi roda. bit.ly/c5ikt5
IKT6 Peringkat Webometrics dari website ITTelkom Surabaya adalah 23000. bit.ly/c5ikt6

c6) Pendidikan

IKU1 Terdapat keterlibatan pemangku kepentingan internal dan eksternal dalam proses evaluasi dan pemutakhiran kurikulum, serta dilakukan secara berkala setiap 4 s.d. 5 tahun  bit.ly/c6iku1
IKU2 Terdapat kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI/SKKNI.  bit.ly/c6iku2
IKU3 Terdapat ketepatan struktur kurikulum yang memuat keterkaitan antara matakuliah dengan capaian pembelajaran lulusan yang digambarkan dalam peta kurikulum yang jelas. bit.ly/c6iku3 
IKU4 Capaian pembelajaran lulusan dipenuhi oleh seluruh capaian pembelajaran matakuliah serta tidak ada capaian pembelajaran matakuliah yang tidak mendukung capaian pembelajaran lulusan. bit.ly/c6iku4 
IKU5 Terpenuhinya karakteristik proses pembelajaran program studi yang mencakup seluruh sifat, dan telah menghasilkan profil lulusan yang sesuai dengan capaian pembelajaran.  bit.ly/c6iku5
IKU6 Ketersediaan dan kelengkapan dokumen rencana pembelajaran semester (RPS) yang mencakup target capaian pembelajaran, bahan kajian, metode pembelajaran, waktu dan tahapan, asesmen hasil capaian pembelajaran. bit.ly/c6iku6 
IKU7 RPS ditinjau dan disesuaikan secara berkala serta dapat diakses oleh mahasiswa, dilaksanakan secara konsisten. bit.ly/c6iku7 
IKU8 Kedalaman dan keluasan RPS sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan, serta ditinjau secara berkala.  bit.ly/c6iku8
IKU9 Terdapat interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar selama proses pembelajaran berlangsung. bit.ly/c6iku9 
IKU10 Terdapat pemantauan kesesuaian proses terhadap rencana pembelajaran dan disertai dengan bukti sahih.  bit.ly/c6iku10
IKU11 Terdapat bukti sahih tentang pemenuhan SN Dikti Penelitian pada proses pembelajaran terkait penelitian serta pemenuhan SN Dikti Penelitian pada proses pembelajaran terkait penelitian.  bit.ly/c6iku11
IKU12 Terdapat bukti sahih tentang pemenuhan SN Dikti PkM pada proses pembelajaran terkait PkM serta pemenuhan SN Dikti PkM pada proses pembelajaran terkait PkM. bit.ly/c6iku12 
IKU13 Kesesuaian metode pembelajaran dengan capaian pembelajaran. bit.ly/c6iku13 
IKU14 Minimal jam pembelajaran program studi yang dilaksanakan dalam bentuk praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan adalah 20 % dari jam pembelajaran total selama masa pendidikan. bit.ly/c6iku14 
IKU15 Terdapat Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa yang dilaksanakan secara konsisten dan ditindak lanjuti. bit.ly/c6iku15 
IKU16 Terdapat bukti sahih tentang dipenuhinya 5 prinsip penilaian pembelajaran yang dilakukan secara terintegrasi dan dilengkapi dengan rubrik/portofolio bit.ly/c6iku16 
IKU17 Terdapat bukti sahih yang menunjukkan kesesuaian teknik dan instrumen penilaian pembelajaran terhadap capaian pembelajaran minimal 75% s.d 100% dari jumlah mata kuliah.  bit.ly/c6iku17
IKU18 Terdapat bukti sahih mengenai pelaksanaan penilaian pembelajaran mencakup 7 unsur bit.ly/c6iku18 
IKU19 Minimal jumlah mata kuliah program studi yang terintegrasi dengan kegiatan penelitian dan PkM DTPS dalam 3 tahun terakhir adalah 3 mata kuliah bit.ly/c6iku19 
IKU20 Minimal tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan adalah 75 %. bit.ly/c6iku20 
IKU21 Minimal pengukuran kepuasan mahasiswa adalah 2 kali dalam satu semester, serta terdapat analisis dan tindak lanjut dari hasil pengukuran kepuasan mahasiswa. bit.ly/c6iku21 
IKU22 Minimal jumlah program dan kegiatan diluar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik adalah satu kegiatan setiap bulan. bit.ly/c6iku22 
IKT1 Beban belajar mahasiswa paling sedikit adalah 144 SKS bit.ly/c6ikt1 
IKT2 Pelaksanaan proses pembelajaran dalam satu semester minimal 16 minggu (termasuk UTS dan UAS). bit.ly/c6ikt2 
IKT3 Dosen melakukan proses pembimbingan tugas akhir terstruktur dan terjadwal minimal 8 (delapan) kali pertemuan. bit.ly/c6ikt3 

c7) Penilitian

IKU1 Fakultas memenuhi 4 unsur relevansi penelitian yaitu: memiliki peta jalan yang memayungi tema penelitian dosen dan mahasiswa, dosen dan mahasiswa melaksanakan penelitian sesuai dengan agenda penelitian dosen yang merujuk kepada peta jalan penelitian; melakukan evaluasi kesesuaian penelitian dosen dan mahasiswa dengan peta jalan; dan menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi  bit.ly/c7iku1
IKU2 Minimal jumlah penelitian DTPS yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir adalah 25% dari jumlah penelitian DTPS.  bit.ly/c7iku2
IKT1 Fakultas harus menjamin kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka menjalankan tugas akhir harus memenuhi capaian pembelajaran lulusan dan ketentuan aturan di perguruan tinggi. bit.ly/c7ikt1 
IKT2 Pimpinan perguruan tinggi menjamin tersedianya mekanisme pendanaan dan pembiayaan penelitian yang diatur oleh pemimpin perguruan tinggi  bit.ly/c7ikt2

c8) Pengabdian Kepada Masyarakat

IKU1 Fakultas memenuhi 4 unsur relevansi PkM yaitu: 1) memiliki peta jalan yang memayungi tema PkM dosen dan mahasiswa serta hilirisasi/penerapan keilmuan program studi;2) dosen dan mahasiswa melaksanakan PkM sesuai dengan peta jalan PkM; 3) melakukan evaluasi kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa dengan peta jalan; dan 4) menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan PS  bit.ly/c8iku1
IKU2 Minimal jumlah PkM DTPS yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir adalah 25% dari jumlah PkM DTPS.  bit.ly/c8iku2
IKT1 Fakultas menjamin bahwa kegiatan PkM yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan salah satu dari bentuk pembelajaran yang diarahkan untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan dan ketentuan peraturan di perguruan tinggi, serta dinyatakan dalam besaran sks. bit.ly/c8ikt1 
IKT2 ITTelkom Surabaya menjamin tersedianya mekanisme pendanaan dan pembiayaan pengabdian kepada masyarakat yang diatur oleh pemimpin perguruan tinggi.  bit.ly/c8ikt2

c9) Luaran dan Capaian Tridharma

IKU1 Terdapat analisis capaian pembelajaran yang memuat 3 aspek yaitu keserbacakupan, kedalaman, dan kebermanfaatan. bit.ly/c9iku1
IKU2 Minimal IPK Rata-rata lulusan dalam 3 tahun terakhir adalah 3.25. bit.ly/c9iku2
IKU3 Minimal jumlah prestasi mahasiswa di bidang akademik internasional dalam 3 tahun terakhir adalah 0.1% dari jumlah mahasiswa pada saat TS bit.ly/c9iku3
IKU4 Minimal jumlah prestasi mahasiswa di bidang non akademik internasional dalam 3 tahun terakhir adalah 0.2% dari jumlah mahasiswa pada saat TS bit.ly/c9iku4
IKU5 Masa studi mahasiswa dalam 3 tahun terakhir adalah minimal 3.5 tahun dan maksimal 4.5 tahun bit.ly/c9iku5
IKU6 Minimal presentase kelulusan tepat waktu adalah 50% dari total mahasiswa angkatan tersebut bit.ly/c9iku6
IKU7 Minimal presentase keberhasilan studi adalah 85%. bit.ly/c9iku7
IKU8 Fakultas melakukan tracer study yang mencakup 5 aspek yaitu: pelaksanaan tracer study terkoordinasi di tingkat PT; kegiatan tracer study dilakukan secara reguler setiap tahun dan terdokumentasi; isi kuesioner mencakup seluruh pertanyaan inti tracer study DIKTI; ditargetkan pada seluruh populasi (lulusan TS-4 s.d. TS-2); dan hasilnya disosialisasikan dan digunakan untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran bit.ly/c9iku8
IKU9 Maksimal waktu tunggu lulusan untuk bekerja adalah kurang dari 6 bulan bit.ly/c9iku9
IKU10 Minimal kesesuaian bidang kerja lulusan dengan bidang studi adalah 60% bit.ly/c9iku10
IKU11 Minimal lulusan yang bekerja di badan usaha tingkat multi nasional/internasional adalah 5% dari jumlah lulusan bit.ly/c9iku11
IKU12 Minimal tingkat kepuasan dari pengguna lulusan adalah 75%. bit.ly/c9iku12
IKU13 Minimal jumlah publikasi ilmiah mahasiswa di tingkat internasional dalam 3 tahun terakhir adalah 1% dari jumlah mahasiswa pada saat TS. bit.ly/c9iku13
IKU14 Minimal jumah luaran penelitian dan PkM yang dihasilkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir adalah 1. bit.ly/c9iku14
IKT1 Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus berhak mendapatkan Ijazah, Transkrip Akademik, Gelar, dan Surat Pendamping Ijazah. bit.ly/c9ikt1

D. Analisis dan Penetapan Program Pengembangan
d1) Analisis Capaian Kinerja
d2) Analisis SWOT
d3) Strategi Pengembangan
d4) Program Berkelanjutan

BAB III PENUTUP